BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 15 Agustus 2010

Landasan Keterampilan Leadership

Menurut pandangan Islam, tanpa perkecualian setiap muslim adalah pemimpin. Seorang pemimpin tidak harus selalu memimpin sebuah kelompok, tapi yang utama harus bisa memimpin diri sendiri. Allah SWT. berfirman dalam Surah Al-Baqarah yang berbunyi, " ...Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi..." (Q.S. Al-Baqarah 2 : 30). Lalu ada juga hadist yang berbunyi, "Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin itu akan dimintai pertanggungjawabannya atas apa yang telah kamu pimpin”. Keterampilan dalam memimpin juga mempunyai landasan hukum sendiri loh !!

1. Mengenal Diri : "Siapa yang tidak mengenal dirinya, maka ia tidak akan mengenal Tuhannya". (Hadist Nabi)
2. Komunikasi : "Siapa yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal saleh dan berkata : Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri". (Q.S. Fushilat 41 : 33)
3. Menyatu dengan yang Lain, "
Hai manusia, sesungguhnya Kami ciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal". (Q.S.Al Hujuraat 49 :13)
4. Proses Belajar, "
Katakanlah “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?. Sesungguhnyalah orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran". (QS. Az Zumar 39 : 9)
5. Membuat Keputusan, "Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang zalim". (Q.S. Al-Maaidah 5 : 45)
6. Mengatur,
"Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya".(QS.Huud 11: 61)
7. Bekerja dalam Kelompok,
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti bangunan yang kokoh". (Q.S. Al-Ashaf 61 : 4)

Karena kita sudah tau landasan hukum setiap point dalam keterampilan memimpin, insyaAllah kita bisa berlatih menjadi seorang pemimpin yang baik. Mulailah dari diri kita sendiri dan dari hal yang paling kecil.


(Source : LKS Leadership untuk SMP)

0 komentar: