BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 24 November 2010

Office Girl in Play Ground

Pada hari Senin, 25 Oktober 2010 yang lalu, saya dan seorang teman saya, yang bernama Nikita, ditugaskan untuk mewawancarai salah seorang Office Boy (OB) di lingkungan Yayasan Al Muslim. Segera saja kami menuju ke TK Al Muslim untuk mulai mencari seorang OB untuk diwawancarai. Disana kami bertemu dengan seorang Office Girl (OG) yang sedang menyuci piring. Kami ingin mewawancarai beliau tapi sebelumnya kami meminta izin dulu kepada Ibu Kepala Sekolah unit TK. Setelah diizinkan, kami kembali ke tempat Office Girl itu. Ternyata ibu itu ingin menyelesaikan tugasnya, yaitu membereskan ruang makan anak-anak TK. Agar pekerjaannya cepat selesai, kami berdua membantunya. Kami membereskan meja makan, kursi, dan menata lauk-pauk. Setelah pekerjaan ibu itu selesai, kami pun memulai wawancaranya.

Ternyata nama beliau adalah Bu E. Juminah. Beliau biasa dipanggil ank-anak Bu Njum. Beliau adalah salah satu Office Girl yang bekerja di unit TK. Beliau bekerja di unit TK bersama Office Boy yang bernama Bang Yunar. Bu Njum berumur 43 tahun. Beliau sudah menikah dan dikaruniai 2 orang anak laki-laki. Bu Njum tinggal di Rawa Banteng, Desa Mekar Wangi, RT 03/01. Beliau bekerja di unit TK sekitar akhir bulan September tahun 2008.

Ketika ditanya tentang pekerjaan yang dikerjakan oleh Bu Njum, beliau menjawab dengan panjang lebar bahwa pekerjaannya sangat padat. Bu Njum bekerja dari hari senin sampai sabtu. Hari senin sampai jumat, Bu Njum berangkat dari rumahnya jam setengah 6 dan sampai di sekolah jam 6. Sesampainya beliau di sekolah, beliau langsung berada di kantor untuk membereskan ruangan tersebut sampai jam 7. Setelah itu beliau menyapu kelas, perpustakaan, halaman, dan membantu anak-anak TK yang masih polos dan lugu. Ketika anak-anak selesai istirahat, Bu Njum membereskan sampah-sampah yang berserakan di kelas. Sekitar jam 10 sampai jam 11, beliau membereskan ruang makan anak-anak. Setelah itu beliau isoma (istirahat, sholat, makan). Ketika anak-anak selesai makan dan solet, mereka tidur siang di kelas dari jam 1 sampai jam setengah 3. Di saat anak-anak sedang tidur, beliau membersihkan ruang makan, mencuci piring dan gelas, dsb. Jam setengah 3, anak-anak bangun dan minum susu. Gelas bekas susu itu dicuci lagi oleh Bu Njum. Setelah sholat Ashar, beliau membersihkan kamar mandi dan kantor sampai jam 5. Lalu beliau pulang.


Pada hari sabtu, secara bergilir Bu Njum mencuci 18 buah seprai, 36 sarung bantal, mukena, karpet-karpet, dan tong sampah (rutin setiap sabtu). Saya kagum dengan beliau. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dilakukan beliau dengan senang hati tanpa mengeluh. Tidak ada keluh kesah yang keluar dari mulutnya. Menurut beliau, anak-anak SMA ada yang bersikap baik kepada beliau, tapi ada juga yang kurang sopan. Dan menurut saya seharusnya anak-anak SMA harus ramah kepada semua orang dan selalu memberikan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), tidak peduli apapun jabatan mereka.

0 komentar: